Bangga dan Haru, SMPIT Darul Abidin Laksanakan Pelepasan Secara Virtual

Bangga dan Haru, SMPIT Darul Abidin Laksanakan Pelepasan Secara Virtual

Oleh : Nurfadilah Widiyarti, S.S

Depok (23/06) Di masa pandemi seperti sekarang ini, SMPIT Darul Abidin tetap menyelenggarakan pelepasan siswa kelas 9, Virtual Graduation of Granada Academic Year 2019-2020, yang bertema “Dima Bumi Dipijak Disinan Langik Dijuanjuang”.  Acara ini dilaksanakan hari Sabtu, 13 Juni 2020, pukul 08.00 – 11.40 wib, dan disiarkan secara langsung melalui 3 kanal, yaitu zoom cloud meeting, instagram @darul.abidin, dan youtube SMPIT Darul Abidin. Diikuti oleh 105 siswa-siswi kelas 9 beserta para orang tua murid.

Ini adalah acara pelepasan perdana secara virtual yang dilaksanakan SMPIT Darul Abidin, dengan mengacu pada protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah untuk menjaga jarak dalam rangka pencegahan penularan covid-19.


“Semua ini adalah bentuk sayang dan bentuk perhatian kami untuk kalian Granada 11. Dengan segala sayang yang Allah berikan kepada kita melalui pandemi ini, kita diberi kesempatan untuk belajar memahai dan menjalani arti sesungguhnya apa itu kesabaran, belajar tentang ketangguhan, kreativitas, kepedulian, dan banyak lagi. Jadi tidak ada yang sia-sia. Kalian Reventory, kelas 9 Granada adalah luar biasa, angkatan teristimewa.” Ungkap Sumiati, Kepala SMPIT Darul Abidin dalam sambutannya.

Catur Asri Rahayu, Pengawas Pembina SMP Disdik Kota Depok, yang turut hadir dari awal hingga akhir pada acara pelepasan ini pun menyatakan dalam sambutanya “Kalian adalah generasi emas, kalian adalah generasi luar biasa, dimana kalian telah menerima pembelajaran yang tidak biasa, yaitu pembelajaran jarak jauh. Semoga hal-hal baik, pendidikan akademik non akademik, pengembangan minat dan bakat serta pendidikan karakter yang kalian peroleh di SMPIT Darul Abidin menjadi pijakan agar kalian dapat melangkah ke tingkat yang lebih tinggi lagi dengan lebih baik. Agar kalian selalu sukses meraih cita-cita baik pada pendidikan yang lebih tinggi maupun masyarakat,” ungkap dan harapannya.

Setelah diawali dengan sambutan-sambutan, acara ini dilanjutkan dengan tayangan video persembahan dari kelas 9, prosesi pelepasan, pidato kesan pesan dengan 4 bahasa dari perwakilan siswa, kesan pesan dari perwakilan orang tua, persembahan dari guru, doa, dan penutup.

Meski tidak langsung bertatap muka, tapi wisuda kali ini juga tidak kalah haru. Terlihat dari ekspresi sedih dari Bapak Ibu guru dalam ruang wisuda, ekspresi para orang tua murid dan siswa yang terlihat dari layar monitor, dan testimoni yang langsung dikirim via kolom pesan zoom dan whatsapp grup.

“terharu” ucap bunda Aryuni.

“sediiih” ucap Mama Azka Deya.

“akupun iya….doa terbaik untuk kalian angkatan teristimewa” tutur mama Nadine.

Rangkaian acara pelepasan virtual ini tentunya menjadi sejarah tersendiri bagi SMPIT Darul Abidin. Seluruh guru dan pimpinan bekerja sama demi kesuksesan acara. Semoga pelepasan ini memberi kesan mendalam bagi seluruh panitia dan peserta yang hadir, menjadi jalan komunikasi, dan pelepas rindu yang akan mengantarkan kita jalan untuk moment silaturahim berikutnya.

Leave a Reply